Selasa, 08 April 2014

MULTIMEDIA SEBAGAI SISTEM INFORMASI INTERAKTIF

Pendahuluan
♦ Teknologi komputasi multimedia merupakan suatu era baru dalam dunia informasi modern yang telah berkembang pesat beberapa tahun terakhir.
♦ Multimedia diartikan sebagai kombinasi teks, gambar, animasi, suara dan video, aneka media tersebut digabungkan menjadi satu kesatuan kerja yang akan menghasilkan suatu informasi yang memiliki nilai komunikasi interaktif yang sangat tinggi.
♦ Informasi yang dihasilkan memiliki komunikasi interaktif yang tinggi artinya informasi bukan hanya dapat dilihat sebagai hasil cetakan melainkan dapat didengar, membentuk simulasi dan animasi yang dapat membangkitkan selera dan memiliki nilai seni grafis yang tinggi dalam penyajiannya.
♦ Aplikasi multimedia dapat digunakan untuk :
Aplikasi
Keterangan
Presentasi bisnis
Sebagai media komunikasi yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk ke konsumen
Pelatihan berbasis
Computer
Digunakan untuk mempermudah pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual
Hiburan
Digunakan untuk permainan atau game, nonton video
Pendidikan
Digunakan untuk visualisasi pelajaran-pelajaran yang sulit
Penyajian informasi
Dipakai untuk membentuk ensiklopedia atau kamus yang melibatkan gambar, teks, dan suara
Kios Interaktif
Tempat informasi yang biasa djumpai pada ternpat umum
Telekonferensi
Digunakan untuk bertemu muka dan bercakap-cakap dengan melalui kamera kecil yang dihubungkan ke komputer
dan lain-lain
Kebutuhan Perangkat Keras
♦ Untuk menciptakan suatu komunikasi interaktif dari informasi. Teknologi komputasi multimedia mengintegrasikan teks, gambar, animasi, suara, dan video maka kebutuhan perangkat keras yang sesuai dan menunjang akan menciptakan nilai komunikasi interaktif yang tinggi.
♦ Perangkat keras komputasi yang dilengkapi dengan kemampuan multimedia paling tidak memiliki komponen yang disebut kartu suara (soundcard), sepasang speaker dan microfon.
Elemen Multimedia
♦ Elemen komputasi multimedia adalah berupa media :
- Teks - Animasi - Video
- Gambar - Suara
♦ TEKS merupakan bentuk multimedia yang paling umum digunakan dalam menyajikan informasi baik yang menggunakan model baris perintah ataupun GUI (Graphical User Interface) . Media teks digunakan untuk menciptakan tulisan-tulisan.
♦ GAMBAR merupakan bentuk multimedia yang juga umum digunakan,
Kata pepatah “ gambar mewakili seribu kata “ hal ini mencerminkan bahwa sebuah gambar seringkali dapat lebih berarti bagi seseorang dari pada sejumlah kata.
Umumnya sebuah gambar disimpan dengan memampatkan / dipadatkan , Tujuannnya adalah untuk menghemat ruang dalam penyimpanan ekternal.
Untuk melakukan pemampatan ini ada 2 teknik, yaitu :
1. Teknik Losslessy yaitu suatu teknik yang menghasilkan gambar rekonstruksi yang sama dengan gambar aslinya.
2. Teknik Lossy yaitu suatu teknik memampatkan data sehingga gambar rekonstruksi hasil pemampatan memiliki perbedaan dengan gambar aslinya tetapi bagi mata manusia kelihatan sama. Dengan cara ini gambar dimampatkan sekecil mungkin.
Table berikut adalah format berbagai gambar dalam komputer :
Format
Keterangan
BMP
Bit Map Graphics biasa dipakai pada DOS dan Windows, ektensionnya *.bmp
CDR
Format gambar dihasilkan oleh CorelDraw, ektensionnya *.cdr
DXF
Drawing exchange format, gambar dihasilkan oleh Autocad, ektensionnya *.dfx
EPS
Encapsulated Post Script dipakai untuk teks dan gambar, ektensionnya *.cps
GIF
Graphics Interchange Format, ektensionnya *.gif
HPG
Hawlett Packard gLaphics Language ektensionnya *.hpg
JPG
Joint PhotographicsExpert Group. Ektensionnya *.jpeg,jpg,jpe
PCX
Yang digunakan oleh Paint Brush ektensionnya *.pcx
PNG
Portable Network Graphics ektensionnya *.png
WMF
Windows Meta File ini ada pada windows ektensionnya *.wpg
♦ ANIMASI teknik untuk membuat gambar yang bergerak dengan kecepatan, arah dan cara tertentu. Berbagai teknik animasi telah banyak diciptakan.
Cara sederhana untuk membuat gambar gerak adalah dengan menggunakan sejumlah gambar yang berbeda sedikit.
Teknik animasi lain yang sangat terkenal adalah : morphing yaitu teknik gambar dengan menggunakan konsep metamorfose.
♦ SUARA merupakan media ampuh untuk menyajikan informasi tertentu dengan bantuan suara ini pemakai dapat mendengarkan bunyi suatu kata atau dengan tepat.
♦ Tabel berikut adalah beberapa format suara pada komputer
Format
Ekstensi
Keterangan
AIFF
*.aif
Audio Interface File Format yaitu: standar berkas suaratersampel pada koniputer Apple
AU
*.au
Format suara yang pertama kali dikembangkan olch Sunterkenal dilingkungan UNIX
MIDI
*.mid
Musical Instrument Digital Interface merupakan format suarayang khusus untuk menyimpan intrumen musik dan tidakbias untuk suara
MP3
*.mp3
Format umum untuk lagu
WAVE
*.wav
Fornat suara yang biasa dipakai sbg sounds di windows
WMA
*.wma
Windows Media Audio yang merupakan berkas suarayang memiliki kualitas seperti CD.
Berbagai perangkat lunak dapat digunakan untuk merekam suara, sebagai contoh sound recorder yang tersedia pada windows dapat digunakan untuk merekam suara dengan format WAVE.
♦ VIDEO merupakan media yang bisa menampilkan gambar hidup dengan didukung suara. Tabel berikut adalah beberapa format video pada komputer
Format
Keterangan
AVI
Audio 1 video Interleaved : standart video pada lingkungan Windows: *.avi
MOV
Format yang paling banyak dipakai pada WEB
MPEG
Motion Picture Experts Group : format untuk video yang biasa digunakan dalam VCD
Perangkat Lunak untuk Program Multimedia
♦ Perangkat Lunak (software) yang secara khusus digunakan untuk membuat aplikasi multimedia disebut dengan MULTIMEDIA AUTHORING SYSTEM.
♦ Beberapa software multimedia misalnya Quest, Icon Author, Multimedia Director, Coreldraw, Adobe Photoshop, Anim FX, Macromedia Flash, dll
Peralatan Multimedia Alternatif
♦ Seiring dengan penelitian dan penemuan iptek, maka telah tercipta peralatan multimedia alternative yang dapat digunakan untuk mendukung system
informasi yang interaktif dan berbasis multimedia, misalnya Mercedes-Benz Infoservice Teleaid, Virtual Keyboard, Virtual Reality, Barcode Reader, dll
♦ MERCEDES-BENZ INFOSERVICE TELEAID, berfungsi untuk memberikan informasi secara real time misalnya tentang suasana lalu lintas di jalan yang akan dituju oleh pengemudi. Alat ini juga dilengkapi dengan fasilitas telepon seluler ini dibuat oleh Perusahaan Jerman
♦ VIRTUAL KEYBOARD, Perangkat ini pertama kali diperkenalkan oleh Samsung dari Korea dan disebut Samsung Scurry. Perangkat ini memungkinkan penggunanya untuk mengetik di berbagai permukaan dan hasilnya akan muncul dilayar monitor.
♦ BARCODE READER, Alat ini dirancang dan dikhususkan untuk membaca kode yang telah diterjemahkan dalam bentuk garis.
♦ALAT PEMINDAI, Perangkat ini bisa berupa pemindai tubuh, pemindai sidik jari, pemindai wajah, pengenal suara, dan pemindai kartu.
♦ VIRTUAL REALITY, yaitu teknologi yang memungkinkan seseorang melakukan suatu simulasi terhadap suatu objek nyata dengan menggunakan komputer yang mampu membangkitkan suasana tiga dimensi ( 3D ) sehingga membuat pemakai seolah olah terlibat secara fisik seperti dalam pembuatan obat, arsitek, insyinyur, pekeda medis, dan pilot.
Adapun peralatannya Virtual Relaity terdiri dari :
1. Glove : piranti masukan yang dapat tnenangkap gerak tangan dan mengirim informasi gerakan ke system virtual reality
2. Headset : berfungsi untuk mernonitor gerakan kepala
3. Walker : peralatan yang dimasukan untuk memantau gerakan kaki
Cara Kerja Virtual Reality
Pada prinsipnya adalah pemakai melihat suatu dunia semu yang sebenarnya berupa gambar-gambar vang bersifat dinamis, melalui perangkat headphone atau speaker pemakai dapat mendengarkan suara yang realistis, melalui headset, glove, dan walker semua gerakan pemakai dipantau oleh system dan system memberikan reaksi yang sesuai sehingga pemakai seolah merasakan sedang berada pada situasi yang nyata.
Efek Negatif Virtual Reality
Orang -orang yang terlibat didalamnya sering kali mengalami gangguan yang disebut CYBERSICKNESS yaitu penderita akan merasakan ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda