McDonalds Indonesia
McDonalds Indonesia
SEJARAH
PERUSAHAAN
Restoran McDonald's hadir di Indonesia pada tahun 1991
dan merupakan negara ke 70 dari McDonald's seluruh dunia. H. Bambang N.
Rahcmadi Msc MBAadalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan
hak master franchise dari McDonald's Corporation dengan mengalahkan
13.000 pesaing. Sampai sekarang beliau bertindak sebagai Presiden Direktur
McDonald's Indonesia.
Sebelum membuka restorannya yang pertama di
Sarinah-Jakarta, H. Bambang Rahcmadi Msc MBA diwajibkan mengikuti training
selama 1 tahun di Australia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura. Dalam
masa training tesebut beliau melakukan semua pekerjaan di restoran McDonald's
dari yang paling sederhana termasuk membersihkan toilet sampai ke tingkat manajerial,
kemudian menerapkan semuanya di Indonesia. Tepat pada 22 Februari 1991,
restoran McDonald's di Sarinah Thamrin Jakarta beroperasi dengan mempekerjakan
460 crew dan 26 manajer. Perkembangan McDonald's Indonesia dalam
beberapa tahun ini dinilai sangat cepat. Sampai saat ini restoran McDonald's
Indonesia telah berjumlah 109 restoran dengan jumlah karyawan seluruhnya
mencapai sekitar 8000 orang yang sebagian besar lulusan Sekolah Menengah Atas.
1.Visi
Perusahaan
Visi dari McDonald's baik McDonald's Internasional
maupun McDonald's Indonesia adalah to be the world’s best quick service
restaurant experience (Menjadi restoran cepat saji yang paling
berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia). McDonald's
menjadi terbaik dalam artian :
a.
Untuk McDonald's
Menjadi
terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di
seluruh dunia.
b.
Untuk Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan sesuai
dengan QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk McDonald's yang memiliki
keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh McDonald's dan
McDonald's dapat membuat pelanggan tersenyum.
c.
Untuk Komunitas Di Sekitar McDonald's
Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga atas
keberadaan McDonald's di lingkungan mereka karena McDonald's merupakan
perusahaan yang memiliki tingkat sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia
menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan McDonald’s.
d.
Untuk Pemilik
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang untuk
mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan
menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang baik.
e.
Untuk Karyawan
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang, kompensasi
kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan yang berarti
bagi seluruh karyawan.
f.
Untuk Suppliers
Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan
berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama McDonald's dan akan menjadi
patner terbaik dalam bisnis ini.
g.
Untuk Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti berkembang dengan keuntungan
yang paling baik dan paling besar pada industri ini.
h.
Untuk Alliance Partners
Menjadi terbaik berarti bahwa McDonald's bekerja sama
dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney
dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan
mempertahankan kepemimpinan McDonald's.
2.
Misi Perusahaan
Misi dari McDonald's baik McDonald's Internasional
maupun McDonald's Indonesia adalah “Memahami tentang misi kami dan bagaimana
menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald's”.
3.
Tujuan Perusahaan
Tujuan dari McDonald's baik McDonald's Internasional
maupun McDonald's Indonesia adalah :
a. Suatu sistem yang mampu menyediakan jasa makanan di
dunia dengan lebih dari 50.000 restoran.
b. Brand
McDonald's menyentuh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita
melakukan bisnis.
c.
McDonald's sebagai tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di
seluruh dunia.
d.
Restoran dimana setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial.
e.
Makanan yang paling baik di kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu
makanan yang beragam.
f.
Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik dan kuat antara pemilik,
pemasok barang, dan perusahaan.
g. Brand yang sukses
dan memberikan kontribusi pada pemilik, pemasok barang dan perusahaan.
Struktur Organisasi
Struktur organisasi yang digunakan
oleh McDonald's adalah struktur organisasi lini/garis. Dengan menggunakan tipe
organisasi ini, maka perintah dalam perusahaan mengalir dari Store Manager
turun ke 1st Asistant Manager turun ke 2nd Asisstant Manager turun ke Junior Manager turun ke Trainee
Manager turun ke Crew Leader dan lini paling bawah adalah Crew. Di luar lini
tersebut juga terdapat STAR, C/S dan VIP yang bertanggung jawab penuh pada
Store Manager. Store Manager selanjutnya bertanggung jawab kepada Operation
Consultant. Operation Consultant akan bertanggung jawab kepada Operation
Manager dan Operation Manager akan bertanggung jawab kepada Head Office Jakarta
Kekuatan Mc
Donald’
Mc Donald mempunyai a strong global presence dengan kompetitor
domestik terdekat yang hanya berukuran separuhnya, Mc Donald merupakan pemimpin
pasar ( market leader) baik secara domestik, maupun internasional dan telah
mendapatkan pengakuan atas merk (brand recognition). Keuntungan Mc Donald's berasal dari pengurangan biaya melalui
skala ekonomi, karena ukurannya yang sangat besar dan keberadaannya secara
global memungkinkan untuk menetapkan risiko yang bervariasi yang melibatkan
keadaan ekonomi dari negara tertentu. Keuntungan
Mc Donald’s tidak hanya berasal dari penjualan makanan cepat saji, tapi juga
dari investasi properti, franchiser of restaurant.
Sebagai sebuah Perusahaan yang telah mengglobal Kesuksesan Mc
Donals’s tidak lepas dari pekerja yang terlatih dengan adanya pelatihan yang
profesional dengan didirikannya “Hamburger University ,“ agar resep dan produk
yang ditawarkan sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan oleh USDA . Adanya
Kekuatan kerjasama dengan perusahaan lain, seperti dengan Coca-Cola juga tidak
luput atas kesuksesan ini. Outlet-outlet perusahaan ditempatkan di
wilayah-wilayah yang strategis dan mudah dijangkau oleh pelanggan serta tempat
penjualan yang bersih membuat pelanggan merasa nyaman dan adanya tempat bermain
untuk anak-anak mempunyai daya tarik tersendiri. Adanya sistem delivery order yaitu
dengan menelpon 14045 sangat membantu dan memudahkan konsumen. Kata “I'm Loving
It” selalu ada dalam setiap pemasarannya. Mc Donald juga Aktif dalam kegiatan
amal untuk anak-anak.
Kelemahan Mc Donald’s
Harga yang kurang kompetitif, hal ini dapat mengurangi kemampuan
perusahaan untuk meningkatkan pendapatan. Tidak hanya itu inovasi yang
diberikan perusahaan terhadap produk kurang memiliki spesifikasi tertentu. Management
of franchises kurang memperhatikan integritas klien.
Peluang Usaha
Perusahaan dapat melakukan penjualan online sehingga memberikan
kemudahan bagi pelanggan dan juga menambah feature-feature dalam pelayanan.
Merubah trend kebiasaan makan ke arah makan yang lebih sehat. Mengembangkan
secara terus menerus pangsa pasar terutama untuk generasi muda dan kelompok
yang telah berumur. pengawetan dengan bahan-bahan alami, sebagai bagian dari
strategi pemasaran dan periklanan. Menciptakan produk baru. Meneruskan untuk
menggunakan teknologi untuk mempengaruhi strategi pendapatan, seperti
menggunakan pesan singkat untuk mengantarkan pesanan khusus.
Ancaman Usaha
Adanya fluktuasi terhadap nilai mata uang asing.
Industri makanan cepat saji merupakan sektor yang sangat
kompetitif sehingga persaingan juga semakin ketat. Persamaan strategi dengan
perusahaan lain seperti melakukan pembentukan format baru ataupun dalam
mengembangkan menu makanan juga perlu diperhatikan. Adanya ancaman dari
kompetitor lokal di negara yang berbeda-beda. Industri ini berada pada siklus
mature dan merupakan industri yang cepat mengalami kejenuhan. Bagi konsumen
yang sadar akan gizi, makanan cepat saji merupakan makanan yang kurang sehat
dan adanya fluktuasi terhadap nilai mata uang asing.
.
1. Matriks SWOT
Strengths
1. Mc Donald mempunyai a strong global presence
dengan kompetiror domestik terdekat yang hanya berukuran separuhnya, Mc
Donald merupakan pemimpin pasar ( market leader) baik secara domestik, maupun
internasional.
2. Keuntungan Mc Donald's berasal dari pengurangan
biaya melalui skala ekonomi, karena ukurannya yang
|
Weakness
1. Harga yang kurang kompetitif, sehingga dapat
mengurangi kemampuan perusahaan untuk meningkatkan pendapatan.
2. Inovasi terhadap produk kurang memiliki
spesifikasi tertentu
3. Management of franchises kurang
memperhatikan integritas klien
4. Teknik pemsaran atau periklanan yang hanya
diutamakan pada anak-anak.
|
sangat
besar dan keberadaannya secara global memungkinkan untuk menetapkan risiko yang
bervariasi yang melibatkan keadaan ekonomi dari negara tertentu.
3.
Outlet perusahaan ditempatkan di wilayah yang strategis dan mudah dijangkau.
4.
Adanya pengakuan atas merk (brand recognition).
5.
Kesuksesan dalam periklanannya, seperti adanya kata “I'm Loving It” dalam
setiap pemasarannya.
6.
Adanya Kekuatan kerjasama dengan perusahaan lain, seperti dengan Coca-Cola.
7.
Tempat penjualan yang bersih dan adanya tempat bermain untuk anak-anak
mempunyai daya tarik tersendiri.
8.
Adanya pelatihan yang profesional dengan didirikannya “Hamburger University”
9.
Perusahaan yang telah mengglobal.
10.
Aktif dalam kegiatan amal untuk anak-anak.
11.
Menyesuaikan resep dan produk yang ditawarkan dengan standar kesehatan yang
ditetapkan oleh USDA
12.
pendapatan tidak hanya dari penjualan makanan cepat saji, tapi juga dari
investasi properti, franchiser of restaurant.
13.
Adanya sistem delivery order yang mudah digunakan oleh konsumennya yaitu dengan
menelpon 14045.
Opportunities
1. Perusahaan dapat
melakukan penjualan online sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan dan
juga menambah feature-feature dalam pelayanan.
2. Merubah trend kebiasaan
makan ke arah makan yang lebih sehat.
3. Mengembangkan secara
terus menerus pangsa pasar terutama untuk generasi muda dan kelompok yang
telah berumur.
4. Melakukan pengawetan
dengan bahan-bahan alami, sebagai bagian dari strategi pemasaran dan
periklanan.
5. Menciptakan produk baru.
Meneruskan untuk menggunakan teknologi untuk mempengaruhi strategi
pendapatan, seperti menggunakan pesan singkat untuk mengantarkan pesanan
khusus.
|
1. Promosi dan penempatan.
Explore pasar baru di luar negeri melalui periklanan dan promosi yang
intensif dan agresif.
2. (Promotion + Branding)
melakukan promosi dan periklanan bersama-sama dengan coca-cola untuk menarik
penggemar coca-cola.
3. (Products & Service
+ Branding) Menjaga kebersihan lingkungan (restoran) dan menjaga keamanan
anak-anak, serta membuatnya senang selama bermain di arena permainan,
mempromosikan untuk anak-anak serta berusaha menarik kelompok yang telah
berumur, menggunakan bintang lokal yang populer untuk menarik uasia muda.
4. (Services + Branding)
Memberikan kesan yang profesional saat memasuki pasar baru.
|
1. Products) Merubah menu
di beberapa negara, menambahkan beberapa makanan dengan rasa lokal dan
menghilangkan beberapa makanan yang tidak populer.
2. (Promotion, Products)
mempromosikan Mc Donnald “bestseller” –Fries and Big Mac, mengembangkan
beberapa makanan spesial yang baru untuk keluarga dan untuk remaja.
3. (Pricing &
Placement) Beralih ke pemasok lokal sehingga mempunyai biaya transportasi yang
rendah, menggunakan software untuk mengontrol dan memonitor inventory
sehingga dapat menurunkan biaya persediaan, sehingga perusahaan akan mampu
dalam memperbaiki atau meningkatkan keuntungan dengan harga yang rendah.
4. (Service &
Management) Lebih tertarik pada investasi langsung di negara yang baru dan
memilih secara cermat franchiser yang baru/ join verture partnet dan
mengevaluasinya secara teratur dan periodik.
|
Threat
1. Adanya fluktuasi
terhadap nilai mata uang asing.
2. Industri makanan cepat
saji merupakan sektor yang sangat kompetitif sehingga persaingan juga semakin
ketat.
3. Persamaan strategi
dengan perusahaan
|
1. (Promotion + Branding)
Menetapkan dan memperbaiki nama baik diantara kompetitor promosi secara
agresif.
2. (Branding) dalam
pengiklanannya, Mc Donald berusaha memberikan gambaran bahwa Mc Donald's
tidak
|
1. (Products) Mengembangkan lini produk baru yang
fokus pada makanan organik dan sehat (zero trans-fat)
2. (Products) Menambahkan
lebih banyak rasa atau tipe baru dari makanan cepat saji yang dapat
membedakannya dengan kompetirors.
3. (Products & Promotion
& Pricing) meningkatkan
|
lain seperti melakukan
pembentukan format baru ataupun dalam mengembangkan menu makanan.
4. Adanya tekanan dari
beberapa pihak mengenai makanan cepat saji dengan masalah obesitas.
5. Bagi konsumen yang sadar
akan gizi, makanan cepat saji merupakan makanan yang kurang sehat.
6. Adanya ancaman dari
kompetitor local di negara yang berbeda-beda.
7. Industri ini berada pada
siklus mature dan merupakan industri yang cepat mengalami kejenuhan.
|
hanya menyimpan waktu
pelanggan yang sangat berharga, namun juga meningkatkan energi pelanggan.
3. (Branding) meningkatkan
brand recognity melalui strategi yang melampirkan emotion secara berkelanjutan.
4. (Products) mengubah lini
produk coca-cola yang lebih sehat (Diet, Coffin-free, etc)
5. (Products &
Services) Menyediakan makanan segar dengan tempat yang bersih dan
menyenangkan anak-anak dengan mainan dan fasilitas tempat bermain serta
membuat senang dan nyaman pelanggan dewasa
6. (Service, Branding)
Memberikan kesan yang profesional saat memasuki pasar baru dan memberikan
peningkatan layanan yang berkelanjutan.
7. (Service) Membuka
Hamburger University untuk perspektif manajer dan pekerja yang unggul serta
meningkatkan kualitas pekerja secara keseluruhan.
|
penjualan, Strategi Promosi
“buy-more-save-more”, menambahkan lini produk untuk makanan keluarga dengan
harga rendah untuk menarik konsumen agar membeli lebih dari satu kali.
4. (Pricing) Menyediakan
makanan organik dengan harga kompetitif untuk menarik organic foods fans.
5. (Promotion & Branding)
Promosi secara teratur; Memberikan kesan pada McDonalds dengan pelayanan yang
lebih baik dan pengalaman makan yang menyenangkan.
6. (Management) memilih
secara cermat franchiser yang baru/ join verture partnet dan mengevaluasinya
secara teratur dan periodik
|
2. Matriks IFAS (Internal Factors Analysis
Summary)
Key internal factors
|
Weight
|
Rating
|
Weighted Score
|
Internal Strenght
|
|||
Increasing free cash flow
|
10
|
4
|
40
|
Strong Manajemen Team
|
10
|
4
|
40
|
Long Range Planning
|
10
|
3
|
30
|
Reputasion as family-friendly
|
15
|
4
|
60
|
Finansial Ratios
|
20
|
3
|
60
|
Internal Weakness
|
|||
Little Diversification
|
10
|
1
|
10
|
Family Reputation, not high rollers
|
15
|
2
|
30
|
The Salary for employees increase in
future
|
10
|
2
|
20
|
Total
|
100
|
|
290
|
Note: Rating value are as follow; 1=
major weakness, 2= minor weakness,
|
|||
3= minor strength,4 = mayor strenth, as
listed above Mc Donald's
|
|||
deals the second position in critical
errors
|
|
|
|
3. Matriks EFAS ( Eksternal Factors
Analysis Summary )
Key Eksternal Factors
|
Weight
|
Rating
|
Weighted scpre
|
opportunities
|
|||
Global Markets are practically tapped
with fast food industry
|
15
|
1
|
15
|
Increased sales caused by public's
interest to mcdonald's
|
10
|
3
|
30
|
Astronomical internet advertising growth
|
10
|
1
|
10
|
McDonald's is leader in the competitive
market
|
15
|
4
|
60
|
Threat
|
|||
Increase incompetition with the decrease
in price
|
20
|
2
|
40
|
decrease in sales as the per the economy
|
10
|
3
|
30
|
The cost of media exposure in the future
|
20
|
2
|
20
|
total
|
100
|
|
205
|
3. Matriks SFAS (Strategic Factor Analysis
Summary)
Stratejik Factor
|
Weight
|
Rating
|
Weighted Score
|
Finansial Ratios
|
20
|
3
|
60
|
Reputasion as family-friendly
|
15
|
4
|
60
|
Family Reputation, not high rollers
|
15
|
2
|
30
|
Global Markets are practically tapped
with fast food industry
|
15
|
1
|
15
|
McDonald's is leader in the competitive
market
|
15
|
4
|
60
|
Increase incompetition with the decrease
in price
|
20
|
2
|
40
|
total
|
100
|
|
265
|
Mc Donald’s kuadran

Kuadran kiri (Left Quadrant) yaitu
Pola 1,dari kuadran diatas terlihat E (Employee) danS(Self-Employed) masuk pada Pola I.Sementara Kuadran kanan
(Right Quadrant),B (Business Owner) dan I (Investor) masuk pada pola II.
Mc
Donalds termasuk kuadran kanan yaitu pola II dimana
di dalam Mc Donald’s terdapat
B(Business Owner).Mereka adalah pemilik usaha.Mereka mempekerjakan uang,artinya mereka
tidak bekerja untuk uang tetapi uang mereka bekerja untuk mereka.
bekerja sekeras Employee apalagi Selft-Employed.Mereka selalu punya waktu
luang.Mereka
Mereka tidak hidup
untuk menikmati hidup.
I (Investor).Pekerjaan mereka berinvestasi,mereka
tidak punya masalah dengan uang.Mereka selalu berfikir untuk menciptakan
lapangan pekerjaan.
Strategi Bisnis yang cocok untuk
Perusahaan Mc Donald’s
Mc Donald’s adalah perusahaan yang
sudah terkenal hampir di semua belahan dunia. Sehingga Strategi bisnis yang
diterapkan adalah seperti :
1. Perusahaan
mampu berkompetisi dengan harga yang kompetitif.
2. Terus
menerus melakukan inovasi terutama dengan melakukan penciptaan produk makanan
yang sesuai gaya hidup sehat.
3. Total
Quality Management harus dilakukan untuk control kualitas terhadap pelayanan,
servis, kebersihan dan cita rasa dari makanan itu sendiri.
4. Memanfaatkan kemajuan teknologi
seperti internet untuk meningkatkan penjualan dan memberikan kemudahan bagi
pelanggan.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda