Selasa, 08 April 2014

McDonalds Indonesia



McDonalds Indonesia

SEJARAH PERUSAHAAN


Restoran McDonald's hadir di Indonesia pada tahun 1991 dan merupakan negara ke 70 dari McDonald's seluruh dunia. H. Bambang N. Rahcmadi Msc MBAadalah warga negara Indonesia pertama yang berhasil mendapatkan hak master franchise dari McDonald's Corporation dengan mengalahkan 13.000 pesaing. Sampai sekarang beliau bertindak sebagai Presiden Direktur McDonald's Indonesia.

Sebelum membuka restorannya yang pertama di Sarinah-Jakarta, H. Bambang Rahcmadi Msc MBA diwajibkan mengikuti training selama 1 tahun di Australia, Amerika Serikat, Malaysia dan Singapura. Dalam masa training tesebut beliau melakukan semua pekerjaan di restoran McDonald's dari yang paling sederhana termasuk membersihkan toilet sampai ke tingkat manajerial, kemudian menerapkan semuanya di Indonesia. Tepat pada 22 Februari 1991, restoran McDonald's di Sarinah Thamrin Jakarta beroperasi dengan mempekerjakan 460 crew dan 26 manajer. Perkembangan McDonald's Indonesia dalam beberapa tahun ini dinilai sangat cepat. Sampai saat ini restoran McDonald's Indonesia telah berjumlah 109 restoran dengan jumlah karyawan seluruhnya mencapai sekitar 8000 orang yang sebagian besar lulusan Sekolah Menengah Atas.


1.Visi Perusahaan

Visi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah to be the world’s best quick service restaurant experience (Menjadi restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia). McDonald's menjadi terbaik dalam artian :



a. Untuk McDonald's
Menjadi terbaik berarti menjadikan “The Golden Arches” dipercaya dan dihargai di seluruh dunia.

b. Untuk Pelanggan
Menjadi terbaik berarti melayani pelanggan sesuai dengan QSC&V dan pelanggan dapat menikmati produk McDonald's yang memiliki keunikan tersendiri pada setiap kunjungan mereka di seluruh McDonald's dan McDonald's dapat membuat pelanggan tersenyum.

c. Untuk Komunitas Di Sekitar McDonald's
Menjadi terbaik berarti membuat mereka bangga atas keberadaan McDonald's di lingkungan mereka karena McDonald's merupakan perusahaan yang memiliki tingkat sosial dan tanggung jawab yang tinggi. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena keberadaan McDonald’s.

d. Untuk Pemilik
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang untuk mencapai kesuksesan dan mengembangkan modal sebagai pemilik dari bisnis ini dan menjadi rekan kerja yang memiliki kolaborasi kerjasama yang baik.

e. Untuk Karyawan
Menjadi terbaik berarti memberikan peluang, kompensasi kerja yang baik, pengembangan dan pelatihan kerja, dan pekerjaan yang berarti bagi seluruh karyawan.
f. Untuk Suppliers

Menjadi terbaik berarti investasi mereka akan berkembang menjadi bisnis yang profitable bersama McDonald's dan akan menjadi patner terbaik dalam bisnis ini.

g. Untuk Pemegang Saham
Menjadi terbaik berarti berkembang dengan keuntungan yang paling baik dan paling besar pada industri ini.



h. Untuk Alliance Partners
Menjadi terbaik berarti bahwa McDonald's bekerja sama dengan organisasi yang bagus dan dikenal di dunia, seperti Coca Cola, Disney dan The Olympics dalam rangka menjalin kerjasama, memperluas kerjasama, dan mempertahankan kepemimpinan McDonald's.

2. Misi Perusahaan

Misi dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah “Memahami tentang misi kami dan bagaimana menjadikannya menjadi kenyataan pada restoran McDonald's”.

3. Tujuan Perusahaan

Tujuan dari McDonald's baik McDonald's Internasional maupun McDonald's Indonesia adalah :
a. Suatu sistem yang mampu menyediakan jasa makanan di dunia dengan lebih dari 50.000 restoran.

b. Brand McDonald's menyentuh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja saat kita melakukan bisnis.
c. McDonald's sebagai tempat bekerja yang terbaik untuk setiap orang yang ada di seluruh dunia.
d. Restoran dimana setiap pelanggan tersenyum dan merasa spesial.
e. Makanan yang paling baik di kelasnya dengan penyajian yang istimewa dan menu makanan yang beragam.
f. Organisasi yang memiliki hubungan kerja yang baik dan kuat antara pemilik, pemasok barang, dan perusahaan.
g. Brand yang sukses dan memberikan kontribusi pada pemilik, pemasok barang dan perusahaan.






Struktur Organisasi

Struktur organisasi yang digunakan oleh McDonald's adalah struktur organisasi lini/garis. Dengan menggunakan tipe organisasi ini, maka perintah dalam perusahaan mengalir dari Store Manager turun ke 1st Asistant Manager turun ke 2nd Asisstant Manager turun ke Junior Manager turun ke Trainee Manager turun ke Crew Leader dan lini paling bawah adalah Crew. Di luar lini tersebut juga terdapat STAR, C/S dan VIP yang bertanggung jawab penuh pada Store Manager. Store Manager selanjutnya bertanggung jawab kepada Operation Consultant. Operation Consultant akan bertanggung jawab kepada Operation Manager dan Operation Manager akan bertanggung jawab kepada Head Office Jakarta


Kekuatan Mc Donald’
Mc Donald mempunyai a strong global presence dengan kompetitor domestik terdekat yang hanya berukuran separuhnya, Mc Donald merupakan pemimpin pasar ( market leader) baik secara domestik, maupun internasional dan telah mendapatkan pengakuan atas merk (brand recognition). Keuntungan Mc Donald's berasal dari pengurangan biaya melalui skala ekonomi, karena ukurannya yang sangat besar dan keberadaannya secara global memungkinkan untuk menetapkan risiko yang bervariasi yang melibatkan keadaan ekonomi dari negara tertentu. Keuntungan Mc Donald’s tidak hanya berasal dari penjualan makanan cepat saji, tapi juga dari investasi properti, franchiser of restaurant.

Sebagai sebuah Perusahaan yang telah mengglobal Kesuksesan Mc Donals’s tidak lepas dari pekerja yang terlatih dengan adanya pelatihan yang profesional dengan didirikannya “Hamburger University ,“ agar resep dan produk yang ditawarkan sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan oleh USDA . Adanya Kekuatan kerjasama dengan perusahaan lain, seperti dengan Coca-Cola juga tidak luput atas kesuksesan ini. Outlet-outlet perusahaan ditempatkan di wilayah-wilayah yang strategis dan mudah dijangkau oleh pelanggan serta tempat penjualan yang bersih membuat pelanggan merasa nyaman dan adanya tempat bermain untuk anak-anak mempunyai daya tarik tersendiri. Adanya sistem delivery order yaitu dengan menelpon 14045 sangat membantu dan memudahkan konsumen. Kata “I'm Loving It” selalu ada dalam setiap pemasarannya. Mc Donald juga Aktif dalam kegiatan amal untuk anak-anak.

Kelemahan Mc Donald’s

Harga yang kurang kompetitif, hal ini dapat mengurangi kemampuan perusahaan untuk meningkatkan pendapatan. Tidak hanya itu inovasi yang diberikan perusahaan terhadap produk kurang memiliki spesifikasi tertentu. Management of franchises kurang memperhatikan integritas klien.

Peluang Usaha
Perusahaan dapat melakukan penjualan online sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan dan juga menambah feature-feature dalam pelayanan. Merubah trend kebiasaan makan ke arah makan yang lebih sehat. Mengembangkan secara terus menerus pangsa pasar terutama untuk generasi muda dan kelompok yang telah berumur. pengawetan dengan bahan-bahan alami, sebagai bagian dari strategi pemasaran dan periklanan. Menciptakan produk baru. Meneruskan untuk menggunakan teknologi untuk mempengaruhi strategi pendapatan, seperti menggunakan pesan singkat untuk mengantarkan pesanan khusus.
Ancaman Usaha
Adanya fluktuasi terhadap nilai mata uang asing.
Industri makanan cepat saji merupakan sektor yang sangat kompetitif sehingga persaingan juga semakin ketat. Persamaan strategi dengan perusahaan lain seperti melakukan pembentukan format baru ataupun dalam mengembangkan menu makanan juga perlu diperhatikan. Adanya ancaman dari kompetitor lokal di negara yang berbeda-beda. Industri ini berada pada siklus mature dan merupakan industri yang cepat mengalami kejenuhan. Bagi konsumen yang sadar akan gizi, makanan cepat saji merupakan makanan yang kurang sehat dan adanya fluktuasi terhadap nilai mata uang asing.

.
1. Matriks SWOT
Strengths
1. Mc Donald mempunyai a strong global presence dengan kompetiror domestik terdekat yang hanya berukuran separuhnya, Mc Donald merupakan pemimpin pasar ( market leader) baik secara domestik, maupun internasional.
2. Keuntungan Mc Donald's berasal dari pengurangan biaya melalui skala ekonomi, karena ukurannya yang

Weakness
1. Harga yang kurang kompetitif, sehingga dapat mengurangi kemampuan perusahaan untuk meningkatkan pendapatan.
2. Inovasi terhadap produk kurang memiliki spesifikasi tertentu
3. Management of franchises kurang memperhatikan integritas klien
4. Teknik pemsaran atau periklanan yang hanya diutamakan pada anak-anak.



sangat besar dan keberadaannya secara global memungkinkan untuk menetapkan risiko yang bervariasi yang melibatkan keadaan ekonomi dari negara tertentu.
3. Outlet perusahaan ditempatkan di wilayah yang strategis dan mudah dijangkau.
4. Adanya pengakuan atas merk (brand recognition).
5. Kesuksesan dalam periklanannya, seperti adanya kata “I'm Loving It” dalam setiap pemasarannya.
6. Adanya Kekuatan kerjasama dengan perusahaan lain, seperti dengan Coca-Cola.
7. Tempat penjualan yang bersih dan adanya tempat bermain untuk anak-anak mempunyai daya tarik tersendiri.
8. Adanya pelatihan yang profesional dengan didirikannya “Hamburger University”
9. Perusahaan yang telah mengglobal.
10. Aktif dalam kegiatan amal untuk anak-anak.
11. Menyesuaikan resep dan produk yang ditawarkan dengan standar kesehatan yang ditetapkan oleh USDA
12. pendapatan tidak hanya dari penjualan makanan cepat saji, tapi juga dari investasi properti, franchiser of restaurant.
13. Adanya sistem delivery order yang mudah digunakan oleh konsumennya yaitu dengan menelpon 14045.

Opportunities
1. Perusahaan dapat melakukan penjualan online sehingga memberikan kemudahan bagi pelanggan dan juga menambah feature-feature dalam pelayanan.
2. Merubah trend kebiasaan makan ke arah makan yang lebih sehat.
3. Mengembangkan secara terus menerus pangsa pasar terutama untuk generasi muda dan kelompok yang telah berumur.
4. Melakukan pengawetan dengan bahan-bahan alami, sebagai bagian dari strategi pemasaran dan periklanan.
5. Menciptakan produk baru. Meneruskan untuk menggunakan teknologi untuk mempengaruhi strategi pendapatan, seperti menggunakan pesan singkat untuk mengantarkan pesanan khusus.


1. Promosi dan penempatan. Explore pasar baru di luar negeri melalui periklanan dan promosi yang intensif dan agresif.
2. (Promotion + Branding) melakukan promosi dan periklanan bersama-sama dengan coca-cola untuk menarik penggemar coca-cola.
3. (Products & Service + Branding) Menjaga kebersihan lingkungan (restoran) dan menjaga keamanan anak-anak, serta membuatnya senang selama bermain di arena permainan, mempromosikan untuk anak-anak serta berusaha menarik kelompok yang telah berumur, menggunakan bintang lokal yang populer untuk menarik uasia muda.
4. (Services + Branding) Memberikan kesan yang profesional saat memasuki pasar baru.


1. Products) Merubah menu di beberapa negara, menambahkan beberapa makanan dengan rasa lokal dan menghilangkan beberapa makanan yang tidak populer.
2. (Promotion, Products) mempromosikan Mc Donnald “bestseller” –Fries and Big Mac, mengembangkan beberapa makanan spesial yang baru untuk keluarga dan untuk remaja.
3. (Pricing & Placement) Beralih ke pemasok lokal sehingga mempunyai biaya transportasi yang rendah, menggunakan software untuk mengontrol dan memonitor inventory sehingga dapat menurunkan biaya persediaan, sehingga perusahaan akan mampu dalam memperbaiki atau meningkatkan keuntungan dengan harga yang rendah.
4. (Service & Management) Lebih tertarik pada investasi langsung di negara yang baru dan memilih secara cermat franchiser yang baru/ join verture partnet dan mengevaluasinya secara teratur dan periodik.

Threat
1. Adanya fluktuasi terhadap nilai mata uang asing.
2. Industri makanan cepat saji merupakan sektor yang sangat kompetitif sehingga persaingan juga semakin ketat.
3. Persamaan strategi dengan perusahaan


1. (Promotion + Branding) Menetapkan dan memperbaiki nama baik diantara kompetitor promosi secara agresif.
2. (Branding) dalam pengiklanannya, Mc Donald berusaha memberikan gambaran bahwa Mc Donald's tidak


1. (Products) Mengembangkan lini produk baru yang fokus pada makanan organik dan sehat (zero trans-fat)
2. (Products) Menambahkan lebih banyak rasa atau tipe baru dari makanan cepat saji yang dapat membedakannya dengan kompetirors.
3. (Products & Promotion & Pricing) meningkatkan



lain seperti melakukan pembentukan format baru ataupun dalam mengembangkan menu makanan.
4. Adanya tekanan dari beberapa pihak mengenai makanan cepat saji dengan masalah obesitas.
5. Bagi konsumen yang sadar akan gizi, makanan cepat saji merupakan makanan yang kurang sehat.
6. Adanya ancaman dari kompetitor local di negara yang berbeda-beda.
7. Industri ini berada pada siklus mature dan merupakan industri yang cepat mengalami kejenuhan.


hanya menyimpan waktu pelanggan yang sangat berharga, namun juga meningkatkan energi pelanggan.
3. (Branding) meningkatkan brand recognity melalui strategi yang melampirkan emotion secara berkelanjutan.
4. (Products) mengubah lini produk coca-cola yang lebih sehat (Diet, Coffin-free, etc)
5. (Products & Services) Menyediakan makanan segar dengan tempat yang bersih dan menyenangkan anak-anak dengan mainan dan fasilitas tempat bermain serta membuat senang dan nyaman pelanggan dewasa
6. (Service, Branding) Memberikan kesan yang profesional saat memasuki pasar baru dan memberikan peningkatan layanan yang berkelanjutan.
7. (Service) Membuka Hamburger University untuk perspektif manajer dan pekerja yang unggul serta meningkatkan kualitas pekerja secara keseluruhan.


penjualan, Strategi Promosi “buy-more-save-more”, menambahkan lini produk untuk makanan keluarga dengan harga rendah untuk menarik konsumen agar membeli lebih dari satu kali.
4. (Pricing) Menyediakan makanan organik dengan harga kompetitif untuk menarik organic foods fans.
5. (Promotion & Branding) Promosi secara teratur; Memberikan kesan pada McDonalds dengan pelayanan yang lebih baik dan pengalaman makan yang menyenangkan.
6. (Management) memilih secara cermat franchiser yang baru/ join verture partnet dan mengevaluasinya secara teratur dan periodik








2. Matriks IFAS (Internal Factors Analysis Summary)
Key internal factors
Weight
Rating
Weighted Score
Internal Strenght
Increasing free cash flow
10
4
40
Strong Manajemen Team
10
4
40
Long Range Planning
10
3
30
Reputasion as family-friendly
15
4
60
Finansial Ratios
20
3
60
Internal Weakness
Little Diversification
10
1
10
Family Reputation, not high rollers
15
2
30
The Salary for employees increase in future
10
2
20
Total
100

290
Note: Rating value are as follow; 1= major weakness, 2= minor weakness,
3= minor strength,4 = mayor strenth, as listed above Mc Donald's
deals the second position in critical errors




3. Matriks EFAS ( Eksternal Factors Analysis Summary )
Key Eksternal Factors
Weight
Rating
Weighted scpre
opportunities
Global Markets are practically tapped with fast food industry
15
1
15
Increased sales caused by public's interest to mcdonald's
10
3
30
Astronomical internet advertising growth
10
1
10
McDonald's is leader in the competitive market
15
4
60
Threat
Increase incompetition with the decrease in price
20
2
40
decrease in sales as the per the economy
10
3
30
The cost of media exposure in the future
20
2
20
total
100

205






3. Matriks SFAS (Strategic Factor Analysis Summary)
Stratejik Factor
Weight
Rating
Weighted Score
Finansial Ratios
20
3
60
Reputasion as family-friendly
15
4
60
Family Reputation, not high rollers
15
2
30
Global Markets are practically tapped with fast food industry
15
1
15
McDonald's is leader in the competitive market
15
4
60
Increase incompetition with the decrease in price
20
2
40
total
100

265


Mc Donald’s kuadran
http://i1194.photobucket.com/albums/aa368/cenatcenut/juragan/Cashflow_Quadrant.jpg
Kuadran kiri (Left Quadrant) yaitu Pola 1,dari kuadran diatas terlihat E (Employee) danS(Self-Employed)  masuk pada Pola I.Sementara Kuadran kanan (Right Quadrant),B (Business Owner) dan I (Investor) masuk pada pola II.
Mc Donalds termasuk kuadran kanan yaitu pola II dimana di dalam Mc Donald’s terdapat
B(Business Owner).Mereka adalah pemilik usaha.Mereka mempekerjakan uang,artinya mereka tidak bekerja untuk uang tetapi uang mereka bekerja untuk mereka. bekerja sekeras Employee apalagi Selft-Employed.Mereka selalu punya waktu luang.Mereka Mereka tidak hidup untuk menikmati hidup.
I (Investor).Pekerjaan mereka berinvestasi,mereka tidak punya masalah dengan uang.Mereka selalu berfikir untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Strategi Bisnis yang cocok untuk Perusahaan Mc Donald’s
Mc Donald’s adalah perusahaan yang sudah terkenal hampir di semua belahan dunia. Sehingga Strategi bisnis yang diterapkan adalah seperti :

1. Perusahaan mampu berkompetisi dengan harga yang kompetitif.
2. Terus menerus melakukan inovasi terutama dengan melakukan penciptaan produk makanan yang sesuai gaya hidup sehat.
3. Total Quality Management harus dilakukan untuk control kualitas terhadap pelayanan, servis, kebersihan dan cita rasa dari makanan itu sendiri.
4. Memanfaatkan kemajuan teknologi seperti internet untuk meningkatkan penjualan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda